Cara merawat bulu ayam bangkok agar tetap mengkilap

Cara merawat bulu ayam bangkok agar tetap mengkilap Ayam bangkok yang sehat bisa kita lihat dari berbagai aspek. Salah satu yang paling mudah untuk kita analisa adalah bulu ayam bangkok. Mengapa demikian ? Karena berdasarkan ilmu tentang ayam petarung menyebukan bahwa ayam bangkok yang sehat itu memilki bulu yang mengkilap. 

Di dalam ayam bangkok yang sehat, terdapat tenaga yang dahsyat pula pada ayam bangkok. Nah agar ayam bangkok bulunya tetap mengkilap, ada beberapa cara dalam merawat bulu ayam bangkok. 

Berikut cara merawat bulu ayam bangkok agar tetap mengkilap :


1. Mandikan ayam bangkok tiap pagi hari

Memandikan ayam bangkok lalu menjemur pada panas pagi akan membuat ayam bangkok menjadi lebih sehat, lebih segar dan bulunya lebih mengkilap. Tetapi perlu diingat, bahwa saat memandikan jangan sering menggunakan shampoo karena dapat merusak warna serta minyak alami pada bulu ayam bangkok. Menggunakan shamponya sebulan sekali saja, untuk membersihkan abulu ayam bangkok dari kutu. 

2. Berikan minyak ikan

Pemberian minyak ikan ini sebaiknya seminggu sekali saja, jangan terlalu sering. Ada beberapa manfaat yang baik yang ada pada minyak ikan, antara lain mempunyai vitamin yang berkhasiat untuk bulu ayam. Efek minyak ikan ini juga bisa membuat bulu ayam bangkok cepat tumbuh jika ayam bangkok kita mengalami bulu rontok ( mabung ). 

3. Pada waktu ayam mabung berilah jagung

Pada waktu ayam aduan sedang mabung, perbanyak konsumsi jagung karena nutrisi yang terdapat dalam jagung akan membantu mempercepat proses perontokan dan penumbuhan bulu ayam. Periksa kondisi bulu-bulu ayam kesayangan kita, apabila terdapat bulu-bulu yang patah sebaiknya dicabut saja. Proses mencabut bulu ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati jangan sampai bulu

Nah 3 cara diatas jika kita terapkan dengan benar, maka ayam bangkok kita akan memiliki bulu yang mengkilap dan secara otomatis dapat meningkatkan daya jual si ayam bangkok kita. Demikian cara merawat bulu yam bangkok agar tetap mengkilap.

Artikel Menarik Lainnya: